Investasi Saham Online Hanya 300rb Sangat Menjanjikan

Investasi Online

Invetsasi Online Murah Hanya 300rb

Investasi Saham Online Hanya 300rb Sangat Menjanjikan

Untuk sebagian orang, investasi saham masih identik dengan kerjaan mereka yang berkantong tebal. Padahal faktanya semua orang bisa berinvestasi saham dimana dan kapanpun.

Namun tak dipungkiri banyak yangmasih belum paham soal Saham. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Karena ikut menginvestasikan modal, maka seseorang punya klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kita juga akan mendapat keuntungan (dividen) dengan sistem bagi hasil sesuai dengan performa saham perusahaan dan kondisi pasar.

Ada Dua Jenis Saham Yang di Perdagangkan

  1. Saham Biasa
    Pemilik saham ini berhak menerima dividen dari perusahaan serta bersedia menanggung risiko kerugian yang diderita perusahaan.
  2. Saham Preferen
    Pemilik saham preferen memiliki hak lebih dari pemegang saham biasa. Dengan kata lain, pemegang saham ini berhak didahulukan saat pembagian keuntungan perusahaan.

Memulai Investasi Saham

Investasi saham merupakan investasi jangka menengah hingga panjang. Saham adalah investasi yang likuid atau bisa diperjualbelikan, sehingga bisa memberikan keuntungan yang lumayan.

Untuk memulai investasi saham, kamu bisa memilih untuk menginvestasikan danamu lewat perusahaan sekuritas atau biasa disebut pialang/broker saham. Perusahaan sekuritas ini ada yang dimiliki pemerintah (BUMN), swasta dan asing. Yang termasuk perusahaan sekuritas milik negara adalah:

  • Mandiri Sekuritas
  • BNI Securities
  • Bahana Sekuritas
  • Danareksa Sekuritas

Masalahnya, tidak semua orang tahu cara menginvestasikan dananya dalam bentuk saham. Padahal memulai investasi saham itu mirip dengan membuka tabungan

Yang perlu anda lakukan adalah, membuka rekening saham di perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Setoran minimum bisa dimulai dari Rp 1 juta. Syaratnya sangat mudah yaitu anda wajib memiliki

  • Fotokopi KTP
  • Mengisi Formulir Aplikasi
  • Fotokopi NPWP

Memulai Transaksi Saham Online

Kalau rekening saham sudah di tangan, untuk sola transaksi sudah sangat gampang. Anda bisa mengunduh aplikasi investasi saham online milik perusahaan sekuritas yang kamu pilih. karena dengan aplikasi saham online, transaksi jual beli jadi makin praktis

1. Menggunakan platform saham online

Contohnya jika anda memilih menginvestasikan dana lewat BNI Securities, anda bisa mengunduh aplikasi Esmart di smartphone untuk transaksi saham. Selain mudah dioperasikan, juga bisa melakukan transaksi jual beli saham hingga memantau pergerakan pasar kapanpun dan di mana pun.

Selain BNI Securities, ada dua platform investasi saham online milik BUMN yang tersedia:

  • MOST Mobile Mandiri Securities
  • D’One TradePro Danareksa Online

2. Memilih Saham

Kalau perlengkapan tempur di lantai bursa saham sudah lengkap, langkah selanjutnya yaitu berburu saham. namun sebelum membeli saham, anda harus memperhatikan kinerja perusahaan yang dincar apakah tergolong perusahaan yang me,milikiprogres baik dan peluang unutk mendapatkan keuntungannya besar atau tidak. Ada istilah “memilih saham hampir mirip dengan mencari jodoh, harus cermat agar tidak menyesal”

Anda bisa memantau grafik kinerja perusahaan pada aplikasi saham online untuk melihat keuntungan yang ditawarkan. Selain itu, bisa melihat track record perusahaan pada bulan-bulan sebelumnya.

Contohnya saja, PT Unilever Indonesia, di bulan November membagikan dividen Rp 2.6 triliun atau setara Rp 342 per saham. Dengan melihat track record bulan sebelumnya, kamu bisa mendapat gambaran saham mana saja yang sekiranya bisa memberi keuntungan.

3. Membeli Saham

Kalau anda sudah menntukan pilihan, langsung bisa membeli saham melalui broker yang anda pilih lewat telepon atau secara online lewat aplikasi. Pembelian saham ini bisa dilakukan dengan menyetor dana terlebih dahulu atau dengan memotong dari saldo yang anda miliki

Membeli saham tidak harus melalui broker

Saham milik perusahaan besar dan mapan biasanya jadi incaran investor karena resikonya yang kecil tapi keuntungannya besar. Saham perusahaan besar lazim disebut Blue Chip. Biasanya harga saham Blue Chip per lembarnya tergolong tinggi.

Jumlah Saham per Lot Turun
Sejak 6 Januari 2014, Bursa Efek Indonesia merilis kebijakan berupa perubahan ukuran lot saham. Jika sebelumnya minimal pembelian saham per lot adalah 500 lembar, sekarang menjadi 100 saham per lot saja.

Tujuan perubahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan likuiditas pasar modal Indonesia sekaligus meningkatkan jumlah investor domestik. Dengan adanya perubahan ini maka dana yang diperlukan untuk memulai investasi saham jadi lebih sedikit dong.

Misalkan, harga saham PT Unilever Indonesia Tbk di bulan November adalah Rp 37.500 per lembar. Jika minimal pembelian saham adalah satu lot, maka total dana yang dibutuhkan adalah: Rp 37.500 x 100 lembar = Rp 3.750.000.

Bandingkan jika satu lot adalah 500 lembar, modal yang harus anda gelontorkan adalah Rp 18.750.000. Tentunya sangat mengunutngkan

Related Posts to "Investasi Saham Online Hanya 300rb Sangat Menjanjikan"